Minggu, 25 Maret 2012

BENTO : LUNCHBOX NYA ORANG JEPANG

Disaat semua orang lagi demam Korea......gue masi tetep suka semua yang berbau Jepang. 

\(´`)/ \(´`)/ \(´`)/

Kali ini gue mo bahas sesuatu tentang Lunchboxnya orang Jepang yaitu BENTO


Bentō (弁当 atau べんとう?) atau o-bentō adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain.

Bento biasanya dikemas untuk 1 orang, biasanya emak2 jepang membawakan bento untuk anak maupun suaminya, walaupun sebenarnya bento dapat dibeli di mana saja. Sama kaya emak2 di Indonesia, hal ini untuk menghindari keluarganya jajan/ makan di tempat sembarangan. Untuk bento yang dibeli, biasanya disediakan sumpit sekali pakai.

Lantas apa bedanya bento Jepang dengan Lunchbox pada umumnya?

BENTO = SENI

Bagi masyarakat Jepang bento adalah seni. Ciri khas bento adalah pengaturan makanan sedemikian rupa agar mengundang selera, menyangkut pemiihan lauk pauk, warna makanan, tata letak, maupun bentuknya. Bahkan di Jepang sering diadakan lomba membuat bento.

Makanan + kreativitas = Karya seni Bento

 Dan hasilnya:




  NARUTO BENTO


SPIDERMAN BENTO AMA PIARAANNYA HEHE


ANGRY BIRDS BENTO

 WALL - E BENTO (KOK ADA TAHU BACEMNYA DI JEPANG? :P)

 INI YANG BIKIN BENTO PASTI DARI JURUSAN COMPUTER HAHA

 SOOOOOO CUTEEE........................3 LITTLE PIGS BENTO

 Ok, kalo emak gue bikinin bekel kaya bento2 di atas, gue ga bakalan jadi makan deh. bukan karena ga menarik, tapi justru karena kelewat menarik mending gue bawa pulang lg, jadiin pajangan wkwkwkkwk. Ga tega ngerusak karya seni, apa lg bikinnya uda susah2

Oia, gue mulai mikir, pertanyaannya, emak2 mana yang bikin bento kaya gt sebelum anaknya berangkat sekolah?? eebused...bangun dari jam berapa tuh? ga jadi deh kawin ama orang jepang kalo mesti bikin bento begitu haha *ga penting jg si gue mikirin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar